Jumat, 22 Februari 2013

kota cantik Palangka Raya

assalamu'alaikum wr wb

tinggal di ibu kota provinsi kalimantan tengah, kota palangka raya sudah selama dua tahun gak menjamin kalau saya sudah paham atau tau seluk beluk kota ini,,,
sungai kahayan
jembatan kahayan

yang aku tau tempat tempat umum gini nih, kayak gambar diatas, jembatan kahayan yang membelah sungai kahayan dan sebagai jalur transportasi darat ke daerah seberang (di seberang sana banyak tempat makan ikan bakar dan yang enak ajib deh, trus ada juga tempat bermain dan santai di sana) dan jembatan ini juga bisa dijadikan ikon khas dari kota palangka raya, kota cantik begitulah panggilannya.
selain si jembatan kahayan, hal pertama yang akan kamu temukan di kota ini adalah..... pastinya tempat luas di tengah kota dan biaasanya bentuknya bulat serta ada tugunya di tengah,,, ayo tebak tempat apakah itu???
yah,,, bener sekali seperti yang ada dipikiran kalian itu adalah sebuah bundaraan di tengah kota dan dijadikan pusat titik awal perhitungan KM dari jalan, jadi tempat itu titik pusat alias tempat nol KM dari cabang enam jalan yang terhubung.
tugu di bundaran palangka raya
masih disekitar bundaran ada sebuah mall kepunyaan palangka,,, seperti yang RADITYA DIKA bilang pas ngisi seminar HUT Prodi Matematika tahun 2012, di kota paray ini orangnya simpel simpel banget, katanya "palangka raya punya sebuah mall jadilah disebut dengan PALMA alias palangkaraya mall".
palangkaraya mall
PALMA

nah.. ada satu tempat nih yang konon adalah titik tengah dari nusantara, kalimantan tengah yang dulu sempat digadang-gadang jadi ibukota negara oleh Presiden RI yang pertama, Ir. Soekarno. nah tempat inilah yang dulu didatangi oleh bapak RI pertama dan ditempatkan sebuah tanda sebagai pusat nusantara jadilah sekarang tempat itu sebagai tugu Bung Karno yang akan mengenang kehadiran bapak RI pertama di kota cantik ini kota Palangka Raya.
tugu bung karno (tampak samping)
tugu bung karno (tampak depan)
masih ada lagi satu tempat lagi yang sering dikunjungi warga kota cantik ini selain mall dan pasar hehe... tempat itu dinamakan "taman Kota" lagi lagi didepannya ada sebuah bundaran tapi ukurannya kecil tidak sebesar bundaran pusat kota. dan pastinya tidak ketinggalan sebuah tugu dengan patung seorang pemuda berbaju merah bawahan putih menjunjung obor dengan tangan kanannya keatas dan tangan kirinya menggenggam. poosisinya diatas sebuah gentong raksasa yang dililit naga, dan dikelilingi oleh air.
nah didepan patung ini ada kayak pancuran air yang memanjang,,, bagus tempatnya buat foto bareng teman teman rame-rame :)
taman kota
KAMMI di taman kota

air mancur taman kota
itu dulu ya ceritaku tentang kota cantik palangka raya,,may be next time

last but not least
mylove more then yours

wassalamu'alaikum wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar